Ajarkan Anak Mengunci Pintu Sejak Dini Karena Penting


Bicara tentang hal saat mengunci pintu ini dengan anak bisa terbilang penting. Untuk memahami pentingnya kebiasaan mengunci pintu, bisa membuat anak lebih waspada.  Anda juga bisa melakukannya tanpa merasa takut. Menceritakan cerita yang terlalu menakutkan bisa membuat anak paranoid. Pastikan percakapan kalian dengan anak jelas agar mereka menerapkannya di rumah saat sendirian. Jangan sampai kalian lupa untuk mengingatkan terus anak Anda. Ini untuk mengingatkannya untuk memikirkan kata-kata Ibu.

Buat aturan yang ketat

Buatlah aturan untuk selalu mengunci pintu saar keluar dari rumah, ini berlaku untuk semua anggota keluarga termasuk si kecil. Ingat jika seseorang melanggar aturan ini. Jika anak Anda terus mengulangi, beri dia hukuman yang lebih ringan, seperti mengelap meja, menyapu halaman depan dan belakang atau membersihkan jendela.

Biasakan melihat ke belakang

Terkadang si kecil sedang terburu-buru, sering lupa mengunci pintu. Biasakan untuk memeriksa kembali keamanan rumah Anda. Berikan contoh yang memerlukan perhatian lebih, misalnya pintu ditutup dengan benar, kunci dilepas dari gembok dan disimpan di tempat yang tetap agar tidak lupa atau bingung saat mencari.

Buat pengingat

Agar si kecil tidak langsung lupa, tempelkan kenang-kenangan berupa poster atau stiker lucu di pintunya. Gunakan grafik lucu, perintah singkat dan sederhana untuk pemahaman dan tindakan cepat. Anda juga dapat menggunakan perangkat yang mengeluarkan suara tertentu saat pintu dibuka atau ditutup sebagai pengingat yang efektif.

Jangan hanya membuka pintu

Jika Anda harus meninggalkan si kecil di rumah, ingatkan dia untuk mengunci pintu dan jendela dari dalam dan tidak membuka pintu untuk orang asing. Banyak perampokan rumah terjadi karena orang membiarkan orang asing masuk ke rumah mereka karena berbagai alasan. Jika Anda sedang menunggu sesuatu atau seseorang, tinggalkan pesan untuk anak Anda. Semoga tips di atas bisa membantu si kecil ingat untuk mengunci pintu saat dia pergi ya. Yuk jangan sampai lupa, ingatkan terus semua anggota keluarga Anda di rumah. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *