Cara dan Manfaat Dari Anak Yang Menguasai Bahasa Bilingual


Sejak usia dini, beberapa anak telah mempelajari bahasa asing di sekolah mulai dari bahasa Inggris, Mandarin, Arab dan lain-lain. Meski berpendidikan tinggi, tahukah Anda bahwa mampu berbicara dua bahasa (bilingual) dengan baik memberikan banyak manfaat bagi si kecil? Mari belajar tentang manfaat menjadi anak bilingual dan beberapa tips efektif mengajarkan anak bahasa asing sejak dini.

Manfaat bilingualisme untuk anak-anak

Tidak banyak orang tua yang mengetahui bahwa mendidik anaknya menjadi bilingual memiliki banyak manfaat. Untuk membantu Anda memahami, berikut adalah beberapa manfaat menjadi bilingual yang baik untuk anak-anak.

Meningkatkan kinerja otak

Mampu berbicara dengan berbagai bahasa tentunya memiliki dampak baik. Dengan menjadi bilingual, anak Anda akan memiliki keahlian lebih menjadi multitasking. Seiring bertambahnya usia anak, kemampuan bilingual ini juga dapat menunda timbulnya demensia dan penyakit Alzheimer hingga 4 tahun. Ini berbeda dengan anak – anak biasa.

Meningkatkan prestasi akademik di sekolah

Dalam sebuah penelitian beberapa ahli menyarankan bahwa anak yang dapat menggunakan dua bahasa dengan baik dapat belajar membaca lebih cepat daripada teman sebayanya yang hanya berbicara satu bahasa.

Memiliki Peluang Karir yang Lebih Baik

Saat ini, banyak perusahaan mengharuskan karyawannya untuk dapat berbicara dalam dua bahasa. Oleh karena itu, diyakini bahwa anak-anak yang terbiasa berbicara dua bahasa mempunyai kemungkinan berhasil di masa depan lebih besar.

Tips Efektif Mengajarkan Bahasa Asing pada Anak

Ada banyak cara untuk memastikan bahwa anak Anda fasih dalam dua bahasa, termasuk:

Membaca buku

Buku adalah sarana untuk mengajar anak-anak bahasa baru. Cobalah untuk membeli buku dalam bahasa yang ingin dipelajari anak Anda. Anda juga dapat membantunya dengan membaca buku dalam bahasa lain. Selain itu, Anda bisa mengajak anak Anda untuk datang ke perpustakaan dan memilih buku berbahasa asing yang ingin ia baca.

Mendengarkan lagu

Hal ini juga dianggap sebagai cara yang ampuh untuk mempelajari bahasa baru. Ada banyak lagu anak-anak dalam bahasa lain yang bisa Anda tonton secara online bersama si kecil.

Menonton Acara TV

Seperti halnya lagu, ada banyak program televisi khusus untuk anak-anak dalam bahasa asing yang dapat ditonton melalui koneksi internet. Carilah siaran yang mendidik agar anak-anak tetap tertarik untuk menontonnya.

Mari berbicara dalam bahasa asing

Anda memiliki peran penting dalam proses pembelajaran bahasa asing untuk anak. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mengajaknya berbicara dalam bahasa asing.
Bahkan jika anak Anda tidak mengerti pada awalnya, ia akan secara bertahap mulai memahami apa yang Anda bicarakan dengannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *