Mengenal Jenis – Jenis Dari Hewan Patogen Yuk!


Patogen adalah agen biologis yang dapat menyebabkan penyakit pada inangnya. Istilah lain untuk patogen adalah mikroorganisme parasit, yang dapat menyebabkan penyakit. Sebenarnya ada cukup banyak bakteri atau mikroba yang hidup di dalam tubuh manusia. Beberapa dari bakteri ini membentuk simbiosis mutualisme dengan tubuh kita dan ada juga mikroba yang hanya “menghidupkan” kehidupan tanpa memberikan efek positif pada tubuh.

Jenis Dari Patogen

Berkat daya tahan tubuh yang baik, mikroba jahat dalam tubuh dapat dilawan sehingga tidak menimbulkan penyakit. Namun, jika jumlah bakteri atau mikroba bertambah, tubuh akan mengalami efek samping hingga daya tahan tubuh menurun.

Patogen berbahaya memiliki jenis yang berbeda. Mikroorganisme parasit ini dapat menggunakan tubuh inangnya untuk berkembang biak, menyebabkan penyakit dan dapat ditularkan bersama dengan jenis patogen lain yang berbahaya bagi kesehatan.

Virus

Virus terdiri dari kode genetik yang berbeda seperti DNA atau RNA, yang dilindungi oleh selubung protein. Saat terinfeksi, virus pastinya akan menyerang sel induk di tubuh Anda dan kemudian menggunakan sel tersebut untuk mereplikasi dan menghasilkan banyak virus.

Bakteri

Bakteri adalah mikroorganisme yang terdiri dari satu sel. Spesiesnya juga sangat beragam, memiliki bentuk yang berbeda-beda dan dapat ditemukan di lingkungan manapun, termasuk tubuh manusia. Tubuh Anda mungkin lebih mudah terkena infeksi bakteri ketika sistem imun Anda terganggu dari virus yang ada. Infeksi bakteri dapat diobati dengan antibiotik.

Jamur

Ada banyak jenis jamur, tetapi beberapa diketahui menyebabkan penyakit. Berbagai jenis jamur dapat ditemukan di mana-mana, termasuk di dalam ruangan, di luar ruangan dan bahkan pada kulit manusia. Jamur dapat menyebabkan infeksi jika tumbuh terlalu cepat. Sel yang terdapat pada jamur mengandung inti sel atau nukleus dan komponen lain yang dilindungi oleh membran tebal dan dinding sel.

Bagaimana cara mencegah patogen masuk ke dalam tubuh?

  • Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara rutin sebelum dan sesudah melakukan aktivitas
  • Mendapatkan vaksinasi untuk mencegah penyakit
  • Minum vitamin untuk meningkatkan stamina
  • Pastikan untuk mencuci bahan makanan secara menyeluruh sebelum dimasak untuk menghindari bakteri atau cacing pada sayuran, buah-buahan dan daging yang Anda rencanakan untuk dimasak, agar tidak menyebabkan keracunan makanan.
  • Jangan menukar barang dengan orang lain.
  • Jauhi daerah dengan wabah penyakit.

Patogen dapat menyebabkan banyak penyakit dan melemahkan sistem kekebalan Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan, meningkatkan daya tahan tubuh agar bakteri dan virus tidak menimbulkan penyakit pada tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *