Penjelasan Warna Kulit Mengikuti Ayah Atau Ibu?


Setelah kehamilan dan persalinan, pertanyaan tentang siapa yang mengikuti warna kulit anak mungkin muncul di kepala Anda. Hampir semua bayi yang lahir biasanya berwarna putih karena belum terkena sinar matahari. Warna kulit bayi di perut menyesuaikan dengan lingkungan berair di dalam rahim. Setelah lahir, kulit bayi mengalami perubahan kecil yang membantunya beradaptasi dengan dunia baru di sekitarnya.

Penjelasan Warna Kulit Anak

Zat melanin sudah ada pada 9 minggu kehamilan, tetapi sebagian besar produksi melanin hanya terjadi setelah kelahiran. Semakin banyak melanin yang diproduksi, semakin gelap kulit bayi.

Bayi dari orang tua berkulit gelap mungkin memiliki kulit yang lebih terang saat lahir daripada orang tua mereka dan menjadi gelap seiring waktu. Biasanya diperlukan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun bagi kulit anak untuk mencapai tingkat warna dasarnya selain dari paparan sinar matahari.

Protein ditambahkan ke lapisan kulit yang menyebabkannya menahan air dan berkontribusi pada elastisitas.

Siapa yang mengikuti warna kulit anak?

Jika Anda atau pasangan Anda berkulit gelap, bayi Anda akan lahir putih, satu atau dua warna lebih terang dari Anda. Diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan bagi kulit untuk menunjukkan warna aslinya.

Jika Anda dan pasangan memiliki warna kulit yang berbeda, Anda mungkin bertanya-tanya siapa yang akan mengikuti warna kulit anak Anda. Beberapa orang tua mengatakan bahwa mereka dapat menentukan warna kulit anak mereka ketika mereka tumbuh dewasa dengan memeriksa bagian atas telinga bayi. Ada kemungkinan warna kulitnya akan mendekati warna tersebut.

Lebih mirip ibu atau ayah?

Teori evolusi mengatakan bahwa seorang ayah lebih mungkin menginvestasikan waktu dan sumber dayanya jika dia melihatnya sebagai keturunannya sendiri.

Namun, penelitian mengatakan jika sebagian besar bayi mengikuti orang tua mereka, dan bayi yang baru lahir lebih mirip ibu mereka dalam tiga hari pertama kehidupan. Sebuah teori evolusi mengatakan sebaliknya. Jika bayi yang baru lahir menyerupai ibu, ayah akan merawat bayi itu meskipun bukan anak.

Mengapa Beberapa Bayi Lebih Seperti Satu Orang Tua?

Jika seorang bayi tumbuh menjadi persis sama dengan salah satu orang tuanya, bukan berarti dia mendapatkan lebih banyak gen hanya dari satu orang tuanya. Setiap anak mendapat jumlah gen yang sama dari ibu dan ayah.

Namun, banyak juga bayi yang tidak mirip dengan orang tuanya tetapi merupakan kerabat dekat dari kedua belah pihak keluarga. Misalnya sebagai bibi atau nenek. Hal ini karena bayi mengambil semua gen yang dapat diwariskan dari kedua belah pihak. Dan ini masih menjadi misteri genetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.