Sampai Kapan Pun Keluarga Akan Menjadi Tempat Kalian Pulang

Sampai Kapan Pun Keluarga Akan Menjadi Tempat Kalian Pulang

Keluarga adalah hal penting dalam kelangsungan kehidupan. Keluarga juga adalah orang terdekat yang kita miliki sejak lahir. Mereka adalah rumah untuk kita pulang. Dan akan selalu seperti itu. Mau seperti apa bentukan keluarga kalian. Baik buruk mereka, mereka tetaplah keluarga kalian. Mereka adalah bagian dari kalian juga. Dan keluarga tidak ada kata mantan. Jadi sampai kapan pun, mau kalian sudah menikah dan memiliki keluarga kecil, anggota keluargamu, ya tetap keluargamu. Tidak ada tapinya. 

Sampai Kapan Pun Keluarga Akan Menjadi Tempat Kalian Pulang

Di setiap keluarga juga tidak ada yang sempurna, pasti ada kekurangannya juga. Pasti ada masalahnya juga. Mau sebesar dan kelihatan seharmonis apa sebuah keluarga. Pasti ada-ada saja masalah yang ada di dalamnya. Bedanya adalah ada yang dengan sengaja dan dengan kesadaran penuh, mereka mengumbar dan menceritakan dan menunjukkan kepada orang-orang kalau mereka ada masalah dengan anggota keluarga. Ada permasalahan di dalam rumah. Sehingga itu yang membuat orang di luar pun menjadi sedikit tidak enak. 

Tapi ada juga yang memilih untuk diam dan menjaga erat-erat permasalahan mereka. Karena menurut mereka masalah dalam rumah adalah masalah yang pribadi, dan tidak perlu orang luar tahu apa yang terjadi di dalam rumah. Karena itu sama saja dengan menyebarkan aib sendiri. Beda orang, beda pola pemikiran. Kita juga harus menghargai itu. Apapun pilihan mereka, mau mereka ceritakan atau tidak. Itu hak mereka. Mau mereka memilih menceritakan kepada anda sekalipun, ya itu adalah pilihan mereka. Berarti mereka mempercayai anda. Sehingga mereka berani bercerita kepada anda. Ambil sisi positifnya saja. 

Tapi ingat, mau seburuk apa pun keluarga mu, mau sejahat atau semenyebalkan apapun keluargamu, mereka tetaplah keluargamu. Mereka tetap menjadi rumahmu, dan tetap menjadi tempat untuk kau pulang pada akhirnya. Mereka akan menerima mu, seburuk apapun itu. Walaupun harus melewati perdebatan panjang. Harus ada marah-marahan dulu, harus ada yang tersakiti dan menyakiti. Tapi itu bukan dari akhir dari segalanya, pada ujung-ujungnya toh mereka juga yang akan menjadi tempat untuk kalian pulang.