Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengunjungi Ahli THT ?


Kotoran telinga umumnya bisa keluar secara alami. Namun, beberapa kondisi dapat menyebabkan kotoran telinga terperangkap dan menumpuk di saluran telinga. Pada kondisi ini, ada jalan terbaik yaitu membersihkan telinga di dokter THT.

Apalagi jika penumpukan kotoran tersebut sudah menimbulkan rasa tidak nyaman. Meskipun ada kit ekstraksi lilin yang dijual bebas, metode ini tidak disarankan. Menggunakan pembersih telinga yang salah dapat meningkatkan risiko cedera telinga dan penyakit telinga.

Waktu yang tepat untuk membersihkan telinga di THT

Faktanya, memasukkan sendiri benda asing ke dalam saluran telinga tidak dianjurkan. Baik dalam bentuk finger, cotton bud, ear scraper atau wax extractor dijual bebas.

Mencoba membersihkan telinga sendiri kemungkinan besar akan mendorong kotoran telinga dan tersangkut di saluran telinga. Selain itu, menggunakan pembersih telinga terlalu dalam atau terlalu keras juga dapat menyebabkan cedera.

Spesialis THT dapat melakukan pemeriksaan dan menentukan prosedur pembersihan telinga terbaik untuk kondisi Anda. Sebagai ahlinya, dokter THT akan menggunakan alat pembersih serumen, seperti ekstraktor kotoran telinga, secara aman dan efektif.

Beberapa gejala penyakit telinga yang berhubungan dengan kotoran telinga umumnya membaik saat kotoran telinga dikeluarkan. Tak hanya itu, dokter spesialis THT bisa menyelidiki penyebab penumpukan kotoran telinga jika diperlukan penanganan lebih lanjut.

Prosedur pembersihan telinga di dokter THT

Di THT, ada beberapa kemungkinan prosedur pembersihan telinga, yaitu dengan obat tetes telinga, mencuci telinga dengan cara spray, micro-suction dengan earwax extractor, atau ear scraping dengan earwax scraper.

Irigasi telinga

Irigasi telinga adalah metode paling umum yang digunakan oleh ahli THT untuk menghilangkan kotoran telinga yang menyumbat telinga. Mereka akan menggunakan cairan yang disuntikkan ke saluran telinga dengan pompa listrik untuk mendorong kotoran telinga keluar. Dokter THT juga dapat menggunakan penghilang lilin yang lebih kuat untuk prosedur ini.

Hisap mikro

Microsuction adalah metode aspirasi kotoran telinga ke dalam THT yang dilakukan lebih jarang daripada irigasi. Metode ini dilakukan dengan menggunakan alat lengkung panjang yang disebut kuret.

Ekstraktor kotoran telinga ini dapat dengan lembut mengikis kotoran telinga ke dalam saluran telinga untuk membersihkan sumbatan saat membersihkan saluran telinga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.