Tidak Ada Seorang Pun Yang Bisa Menjamin Kebahagiaan Kita

Tidak Ada Seorang Pun Yang Bisa Menjamin Kebahagiaan Kita

Ada saatnya dalam hidup itu kita merasa senang, ada juga kalanya kita harus mengalami kesedihan dan kekecewaan. Ada juga saatnya kita harus marah dan kesal. Hidup bukan soal kebahagiaan terus menerus. Kalau kita terus mengalami kebahagiaan, maka kita tidak akan tahu bagaimana rasanya sedih dan marah. Kita tidak akan tahu bagaimana rasanya bersyukur. Begitupun sebaliknya kita tidak akan pernah merasakan kesedihan yang terus menerus. Karena jika kita hanya merasakan sedih terus menerus kita tidak akan tahu rasanya bahagia dan rasa syukur. 

Tidak Ada Seorang Pun Yang Bisa Menjamin Kebahagiaan Kita

Untuk itu hidup akan terus berputar. Sehingga kita bisa merasakan berbagai perasaan. Kita akan mengalami berbagai perasaan jatuh bangun. Kita akan menjadi lebih kuat dan lebih matang lagi. Baik dalam bersikap, bertutur kata atau berpikir. Kita akan menjadi lebih dewasa dan menjadi lebih bijak. Sehingga orang semakin tua, semakin bertambah umur, mereka akan semakin dewasa bijaksana, semakin berubah menjadi lebih baik. Bukan semakin mundur. Atau mengalami kemunduran. Kecuali jika dia tinggal di lingkungan yang buruk. 

Dia tidak berani keluar dari zona nyaman, dia tidak berani untuk mencoba hal baru. Tidak berani membuat langkah, dan hanya melakukan hal itu-itu saja, hanya bergaul dengan orang itu-itu saja. Maka wajar jika dia hanya diam di tempat, dan tidak menunjukkan kemajuan. Pun ada kemajuan itu hanya sedikit sekali. Hampir tidak kelihatan. Seperti dalam perjalanan 10 tahun, kemajuan yang dia berikan seperti orang sudah melakukan banyak perjalanan, sudah banyak melakukan hal baru dalam seminggu, dan membuat perubahan kemajuan dalam dirinya.

Tapi kita membutuhkan waktu 10 tahun bahkan lebih baru membuat sedikit sekali perubahan. Bukankah itu sangat disayangkan. Dan janganlah kita terlalu bergantung pada orang lain soal kebahagiaan kita. Jangan sekali-sekali, kita berharap banyak pada orang lain, agar bisa memberikan kita kebahagiaan. Mau mereka menjanjikan kebahagiaan padamu, tapi mereka tidak bisa menjamin bisa memberikan itu semua.