Beberapa Bahaya Dari Minum Kopi Terlalu Banyak


Selain mengetahui waktu terbaik untuk minum kopi, pecinta kafein juga perlu mengetahui bahaya minum kopi terlalu banyak. Toleransi setiap orang terhadap kafein berbeda, jadi aman untuk minum kopi dalam jumlah sedang setiap hari. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa gen seseorang juga memainkan peran besar dalam toleransi seseorang terhadap kafein.

Jika Anda tahu berapa batas yang wajar untuk asupan kafein harian Anda, maka nutrisi seperti vitamin B, magnesium, potasium, dan antioksidan bisa didapatkan dari kopi. Meski tidak sama, mengonsumsi 250mg kopi per hari masih aman. Namun hal ini tentu saja tergantung pada banyak faktor, seperti apakah Anda merokok, sedang hamil atau berisiko patah tulang.

Jadi apa salahnya minum kopi terlalu banyak?

Frekuensi buang air kecil meningkat

Akibat minum kopi, frekuensi buang air kecil seringkali bisa meningkat. Hal yang sama bisa terjadi ketika orang minum teh terlalu banyak.

Bahkan tidak menutup kemungkinan asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan inkontinensia urin pada orang-orang tertentu, apalagi jika tidak diimbangi dengan minum air putih.

Kecanduan

Salah satu dampak buruk kopi adalah kandungan kafeinnya. Ketika seseorang terbiasa memulai hari dengan asupan kafein, itu menjadi kecanduan tersendiri.

Kafein mengaktifkan bahan kimia di otak, mirip dengan efek kokain dan amfetamin. Namun, bahaya minum kopi adalah ketergantungan psikologis dan fisik.

Merasa cemas

Kopi mengandung kafein yang membuat seseorang merasa lebih waspada karena menghalangi efek zat kimia otak yang disebut adenosin, yang menyebabkan kelelahan. Pada saat yang sama, kafein juga melepaskan hormon adrenalin, yang meningkatkan energi.

Insomnia

Penelitian mengatakan, bahaya minum kopi sebelum siklus tidur menjadi predisposisi seseorang untuk insomnia, karena efek kopi dapat meningkatkan kewaspadaan, sehingga sulit untuk tidur. Tak hanya itu, jumlah waktu tidur seseorang bisa berkurang drastis, terutama di usia tua. Biasanya pengaruh kafein dan siklus tidur juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Masalah Pencernaan

Jika salah satu efek dari minum kopi terlalu sering bisa membuat orang ingin buang air besar, itu ada hubungannya dengan efek pencahar dari kopi. Saat mengonsumsi kopi, lambung akan memproduksi hormon yang mempercepat aktivitas di usus.

Kopi tidak menimbulkan efek samping apapun bila dikonsumsi dengan benar, bahkan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Di sisi lain, terlalu banyak asupan kafein dapat berdampak negatif yang mengganggu produktivitas sehari-hari.

Karena reaksi setiap orang terhadap kafein bisa berbeda, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana tubuh mentoleransi kafein. Ingatlah untuk menjaga gaya hidup sehat dengan tetap aktif, tidur nyenyak dan makan makanan bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.