Beberapa Hal Keamanan Yang Perlu Diajarkan Oleh Orangtua


Anak-anak selalu bermain sebebas yang mereka mau, sampai-sampai mereka jarang memperhatikan keselamatannya sendiri. Belum lagi rasa ingin tahu anak-anak yang masih tergolong tinggi, sehingga mereka akan mencoba semua yang baru saja mereka temui. Kekurangannya si kecil masih belum begitu paham mana benda yang berbahaya dan mana yang tidak. Disinilah peran Anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan untuk mencegah anak Anda melakukan hal-hal yang dapat merugikannya.

Keselamatan kebakaran

Karena warnanya yang menyala dan semakin panas, api selalu menarik perhatian si kecil. Dia masih belum benar-benar memahami bahaya menggunakan api. Ajari si kecil untuk tidak mendekati api karena dapat membakar pakaian dan dirinya sendiri. Demikian juga, jika anak Anda menyalakan api sendiri, dorong dia untuk tidak menyalakan atau melempar korek api di dekat jerami atau benda mudah terbakar lainnya. Jangan lupa untuk memberikan nomor telepon pemadam kebakaran setempat agar si kecil dapat segera menghubunginya jika melihat kebakaran.

Keamanan dari bahaya kekerasan

Dalam asosiasi apa pun, hampir ketidakcocokan antar individu dapat ditemukan. Faktor ini terkadang dapat menimbulkan suatu bentuk kekerasan yang dapat saling mengancam. Ingatkan si kecil untuk tidak memilih teman untuk bergaul. Semua sama dan menyenangkan untuk dihadapi. Jangan menyakiti teman lain, karena ini dapat menyebabkan mereka membalas dan mengancam untuk kembali lagi nanti.

Keamanan Jalan

Lingkungan bermain si kecil tidak hanya berupa rumah dan taman. Di antara kedua tempat tersebut terdapat jalan raya yang menghubungkan keduanya. Cepat atau lambat anak-anak akan menyeberang jalan untuk mencapai tempat yang mereka inginkan. Ajari si kecil untuk menyeberang jalan dengan benar. Hati-hati dengan lampu lalu lintas. Jika lampu lalu lintas berwarna merah dan kendaraan tidak bergerak, Anda dapat menyeberang jalan dengan aman. Jika memungkinkan, mintalah anak-anak Anda untuk menyeberang jalan bersama-sama untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Selain mengajarkan si kecil tentang keamanan benda-benda tersebut, orang tua juga bisa memperkenalkan beberapa tindakan pencegahan keselamatan lain yang jarang dilakukan anak, seperti lebih berhati-hati dengan benda tajam dan sengatan listrik. Ini juga berarti bahwa Anda tidak boleh bersembunyi di bawah pohon saat hujan, karena pohon rentan tumbang atau sambaran petir. Keselamatan sebenarnya adalah prinsip dasar di sana, cobalah untuk mengajari bayi Anda langkah demi langkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.