Inilah Penyebab Yang Membuat Lutut Terasa Kaku


Tentu saja terasa tidak nyaman untuk bergerak jika lutut kaku dan sulit digerakkan. Biasanya ini adalah keluhan dari orang tua atau orang yang aktif secara fisik, seperti atlet atau instruktur olahraga. Lutut yang kaku bisa terjadi karena otot di kaki yang tidak seimbang dan kelenturan yang terbatas. Tak hanya itu, cedera dan peradangan sendiri juga bisa menyebabkan lutut menjadi kaku.

Penyebab Lutut Kaku

Beberapa penyebab umum lutut kaku meliputi:

Cedera Tulang Rawan

Saat terjadi cedera pada tulang rawan di lutut, akan terdengar suara retak. Tulang rawan menisci adalah tulang rawan yang berbentuk huruf “C”. Fungsi tulang ini adalah sebagai penyangga atau peredam kejut antar tulang pada sendi lutut. Jika Anda secara tidak sengaja memutar atau menggerakkan lutut, Anda bisa melukainya. Umumnya, ini terjadi saat berolahraga atau aktivitas fisik berintensitas tinggi lainnya.

Selain itu, meniskus rentan mengalami degenerasi akibat penuaan. Tentu saja, seiring bertambahnya usia, mereka lebih rentan terhadap retak. Saat Anda mengalami hal ini, biasanya ada gejala lain yang menyertai seperti nyeri, bengkak, kaku pada lutut, kesulitan menggerakkan lutut, dan rasa lutut keluar.

Cedera Ligamen

Ligamen adalah kumpulan serat yang menghubungkan satu tulang ke tulang lainnya. Di lutut, ligamen memanjang dari tulang paha (femur) ke betis (tibia).

Seseorang dapat merobek atau meregangkan ligamen lutut secara berlebihan. Gejala yang terjadi selain lutut kaku adalah nyeri pada sendi lutut, posisi lutut tidak stabil dan juga disertai pembengkakan.

Artrofibrosis

Arthrofibrosis, juga dikenal sebagai sindrom lutut kaku, terjadi ketika jaringan parut berlebih menumpuk di sekitar sendi lutut. Kondisi ini sering dialami oleh seseorang yang baru saja menjalani operasi di area lutut.

Setidaknya sekitar 6% orang yang menjalani operasi penggantian lutut akan mengalaminya. Gejala lain yang terkait dengan artrofibrosis termasuk nyeri lutut, pembengkakan, kehangatan, dan kesulitan meluruskan saat berjalan.

Radang sendi

Setidaknya ada tiga jenis radang sendi yang bisa menyebabkan lutut kaku dan nyeri. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Radang sendi

Osteoarthritis terjadi akibat robeknya tulang rawan di antara tulang lainnya. Ketika tulang rawan ini habis, tulang-tulang di lutut saling bergesekan. Hal ini dapat membuat tulang terasa kaku dan nyeri. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang berusia 55-64 tahun.

  • Artritis reumatoid

Arthritis adalah penyakit autoimun yang membuat tubuh menyerang jaringan itu sendiri. Secara umum, rheumatoid arthritis terjadi pada kedua lutut. Selaput tipis ini menutupi sendi lutut juga membengkak, membuat lutut terasa kaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.