Mengenal Tanaman St. John’s Wort Yang Bermanfaat


St. John’s wort merupakan tanaman obat yang dianggap efektif meredakan gejala depresi. Tanaman ini umumnya tersedia dalam bentuk teh, tablet, cairan, hingga obat oles. Namun, apa saja manfaat St John’s wort untuk mengobati gejala depresi yang terbukti secara ilmiah dan aman digunakan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apakah Aman Mengambil St. John’s Wort Untuk Mengobati Depresi?

Selama berabad-abad, St. John’s wort telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati kondisi medis, termasuk depresi.

St John’s wort mengandung beberapa bahan aktif, seperti hypericin, hyperforin, dan adhyperforin, itulah sebabnya diyakini memiliki manfaat kesehatan. Bahan aktif ini dipercaya dapat meningkatkan jumlah pembawa pesan kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Sebuah tinjauan, St. John’s Wort dianggap efektif untuk mengobati depresi berat.

Studi lain menyatakan bahwa St. John’s wort memiliki efek yang sama dengan antidepresan pada depresi ringan dan sedang.

Manfaat St John’s Wort Lainnya

Selain untuk mengobati depresi, St John’s wort juga dianggap efektif dalam mengobati kondisi medis lainnya, antara lain:

Meredakan Gejala Menopause

Menurut ahli, mengonsumsi St. John’s wort atau meminumnya dengan black cohosh atau obat herbal lainnya diyakini dapat meredakan gejala menopause, seperti hot flashes.

Meredakan Kondisi Somatik

St. John’s wort juga dipercaya dapat meningkatkan efektivitas mengobati kondisi somatik, yaitu kondisi medis di mana seseorang memiliki ketakutan yang tidak semestinya terhadap gejala fisik seperti nyeri, kelelahan, dan sesak napas, namun penyebab medisnya belum ditemukan.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan berbagai manfaat wort St John di atas. Efek samping dari St. John’s wort. Mengoleskan St. John’s wort pada kulit juga dapat menyebabkan ruam. Selain itu, obat herbal ini dapat meningkatkan kepekaan kulit dan mata terhadap sinar matahari.

Jika Anda memiliki kondisi tertentu, seperti lupus, atau sedang mengonsumsi obat yang menyebabkan fotosensitifitas (peningkatan sensitivitas kulit saat terkena sinar ultraviolet), bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi St. John’s wort untuk menghindari efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published.