Jenis Penyakit Air Saat Berenang di Kolam Umum


Selain cedera, salah satu risiko berenang yang harus diwaspadai adalah tertular penyakit yang bisa menyebar melalui air. Kelompok penyakit ini sering disebut sebagai penyakit rekreasi air dan umumnya menyerang area renang umum seperti kolam renang, taman bermain air, sauna, spa, danau dan sungai.

Penyakit ini bisa terjadi ketika air di kolam renang terkontaminasi kuman. Risiko berenang meningkat jika kolam tidak dirawat dengan baik dan orang yang berenang di dalamnya tidak dapat menjaga kebersihannya.

Jenis penyakit air ini biasa terjadi di kolam renang

Setiap orang rata-rata memiliki 0,14 gram tinja di daerah anus. Di dalamnya terdapat banyak kuman yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Berenang dengan banyak orang di kolam yang sama akan membersihkan dan mencemari air kolam, meningkatkan risiko penyakit. Ada banyak kondisi air yang bisa diakibatkan karena terlalu sering berenang di kolam bersama. Beberapa risiko berenang yang paling umum meliputi:

Diare

Bahaya berenang yang paling umum adalah diare. Kondisi ini bisa terjadi ketika air kolam yang terkontaminasi bakteri tertelan. Diare dapat disebabkan oleh berbagai kuman seperti Cryptosporidium, Giardia, Shigella dan E. coli.

Penularan diare di kolam renang dapat terjadi karena tinja penderita diare mengandung miliaran kuman. Saat orang tersebut berenang, kuman menyebar dengan mudah di dalam air dan dapat tertelan oleh orang lain di kolam yang sama. Risiko dan bahaya berenang dapat dikurangi dengan menambahkan klorin yang dapat membersihkan dan membunuh kuman.

Gangguan Telinga

Bahaya terlalu sering berenang di kolam renang umum adalah kondisi telinga berikutnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini sering disebut sebagai swimmer’s ear atau otitis eksterna. Telinga perenang dapat berkembang jika air tertahan di saluran telinga luar untuk waktu yang lama. Kondisi ini membuat area telinga menjadi lembab dan memudahkan bakteri berkembang biak.

Ruam kulit

Risiko lain dari berenang adalah ruam kulit yang dapat disebut sebagai ruam bak mandi air panas atau folikulitis pesudomonas. Gejala folikulitis termasuk ruam merah gatal dengan lepuh berisi nanah di sekitar folikel rambut. Gejala paling parah biasanya muncul di area tubuh yang terendam atau terkena air paling lama.

Infeksi Saluran Pernapasan

Risiko berenang berupa infeksi saluran pernapasan bisa muncul jika Anda menghirup cipratan air dari kolam renang yang mengandung kuman berbahaya. Salah satunya adalah Legionella, kuman penyebab penyakit Legionnaires (pneumonia berat) dan demam Pontiac.

Leave a Reply

Your email address will not be published.