Mengenal Pertimbangan Dari Penggunaan Kaki Palsu


Kaki palsu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Namun, tidak semua orang bisa langsung berjalan dengan kaki ini. Beberapa orang mungkin memerlukan tongkat, kruk, atau alat bantu jalan lainnya untuk berjalan dengan kaki palsu. Kebutuhan kaki palsu dibedakan berdasarkan tingkat amputasi, kemampuan fisik, tujuan dan kebutuhan pribadi setiap pengguna.

Pertimbangan saat menggunakan kaki palsu

Dengan bentuk amputasi ini, prostesis lutut bagian bawah biasanya lebih mudah digunakan daripada prostesis lutut bagian atas.

Sementara itu, jika Anda tidak terlalu aktif dan kehilangan kaki karena penyakit arteri perifer atau diabetes, Anda akan lebih sulit menggunakan prostesis daripada seseorang yang sebelumnya sangat aktif.

Keputusan untuk menggunakan kaki palsu harus merupakan kesepakatan dan kerjasama antara Anda dan dokter. Untuk mendapatkan jenis prostesis yang tepat dan pas, sebaiknya diskusikan hal ini dengan ahli prostesis.

Bagian Prostetik

Berikut beberapa bagian kaki palsu yang harus Anda ketahui fungsinya.

Sistem Suspensi

Sistem ini mengamankan kaki prostetik dari suspensi vakum, penguncian distal dengan pin atau lanyard, hingga pengisapan lengan.

Soket

Soket adalah kesan akurat dari sisa kaki yang berfungsi untuk mengamankan prostesis ke kaki Anda.

Kaki Palsu

Kaki palsu terbuat dari bahan yang ringan dan tahan lama. Bentuk kaki prostetik mungkin atau mungkin tidak termasuk sendi lutut dan pergelangan kaki yang berfungsi, tergantung pada lokasi amputasi Anda.

Ada banyak pilihan dari komponen-komponen di atas, yang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat mendiskusikan fitur dan komponen ini dengan ahli prostetik yang ditunjuk dokter.

Tantangan dalam Menggunakan Anggota Badan Prostetik

Setelah prostesis dibuat, Anda akan menjalani rehabilitasi untuk memperkuat kaki, lengan, dan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) saat Anda terbiasa berjalan dengan kaki baru.

Anda akan dibantu oleh ahli terapi fisik, dokter rehabilitasi, dan terapis okupasi untuk membuat rencana rehabilitasi berdasarkan tujuan mobilitas atau gerakan Anda. Belajar berjalan dengan kaki palsu bisa jadi menantang, bahkan setelah proses rehabilitasi selesai.

Anggota badan palsu mungkin perlu diganti seiring waktu

Seiring waktu, fungsi gigi palsu yang Anda pakai bisa berkurang. Masalah ini dapat disebabkan oleh sisa kaki Anda yang telah stabil dan Anda siap untuk beralih ke prostesis yang lebih tahan lama. Atau Anda mungkin telah melampaui batas prostesis dengan menggunakannya lebih sering atau berbeda dari yang dirancang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.