Kenali Air Tebu Yang Ternyata Bisa Berbahaya Juga Loh


Minuman tebu menjadi minuman dengan kandungan gula yang termasuk tinggi direkomendasikan tidak hanya untuk penderita diabetes, tetapi juga untuk orang biasa. Inilah bahaya sari tebu jika dikonsumsi terlalu sering. Memang benar air tebu mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Tetapi pada saat yang sama, kandungan gulanya cukup tinggi. Artinya, penderita diabetes atau mereka yang meminimalkan kandungan gula pada setiap yang di konsumsi sangat cocok.

Penderita diabetes menghindari air tebu

Tidak hanya orang normal yang menjaga kadar gula darahnya dan harus menghindari jus tebu, penderita diabetes juga harus memilih jenis minuman lain. Kadar gulanya sangat tinggi sehingga sangat berbahaya jika kadar gula darah naik tajam.

Ada penelitian yang bilang jika kandungan dari air tebu ini sangat baik untuk pankreas manusia. Ini adalah hormon yang mengatur kadar gula darah seseorang. Namun, penelitian ini masih memerlukan pengamatan lebih lanjut dan tidak berarti aman untuk penderita diabetes.

Manfaat lain dari sari tebu

Air tebu mengandung sumber antioksidan berupa fenol dan flavonoid. Inilah sebabnya mengapa banyak orang mengklaim bahwa minuman ini cukup sehat.

Karena sari tebu tidak melalui banyak proses seperti minuman lain dengan tambahan pemanis, kandungan vitamin dan mineralnya tetap utuh.

Air tebu juga memiliki elektrolit seperti potasium yang dapat menghilangkan dahaga. Dalam sebuah penelitian terhadap 15 pengendara sepeda, jus tebu sama efektifnya dengan minuman isotonik dalam menghilangkan dahaga para atlet. Namun, kadar gula darah atlet tercatat mencapai puncaknya setelah mengonsumsi sari tebu.

Meskipun ada yang menjadikan air tebu sebagai gula pengganti, namun Anda tetap tidak boleh terlalu sering mengkonsumsi ini. Mau bagaimana pun, tetap saja ada kandungan gula yang terdapat pada air tebu ini yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan berbahaya.

Sekedar mengingatkan Anda saja, tidak semua penjual air tebu di pinggir jalan itu bersifat murni. Ada juga pedagang nakal yang sudah merendamkan tebu tersebut pada air gula sehingga rasanya akan semakin manis. Waspadai hal ini agar Anda tidak terkena penyakit kencing manis atau pun diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *