Inilah Waktu Untuk Minum Setelah Makan Yang Tepat


Apakah Anda terbiasa minum setelah makan malam? Kebiasaan ini sebenarnya adalah hal yang baik untuk dilakukan. Namun, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa minum air putih setelah makan malah bisa mengganggu pencernaan. Faktanya?

Manfaat Minum Setelah Makan untuk Pencernaan

Menurut penelitian, minum air setelah makan dan setelah makan membantu pencernaan Anda. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan ini. Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita lihat beberapa manfaat pencernaan dari minum setelah makan.

Pencernaan lancar

Jika Anda minum setelah makan, air akan membantu memecah dan melunakkan makanan sehingga tubuh Anda dapat menyerap nutrisi.

Air juga dapat memecah potongan besar makanan sehingga lebih mudah melewati perut. Selain itu, minum juga mendorong pergerakan makanan dari satu organ ke organ lain sehingga berjalan lebih lancar.

Mencegah sembelit

Minum setelah makan juga dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit. Sembelit atau susah buang air besar bisa membuat perut tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menjaga asupan kalori Anda tetap terkendali

Selain meningkatkan pencernaan, minum setelah makan dapat membantu mengontrol asupan kalori Anda. Karena minum air putih setelah makan malam membuat Anda merasa kenyang dan mencegah Anda ingin makan banyak, menjaga asupan kalori Anda tetap seimbang.

Kapan waktu yang tepat untuk minum setelah makan malam?

Meskipun minum setelah makan baik untuk pencernaan, jangan terburu-buru. Hal ini karena minum air putih setelah makan dapat merusak waktu alami tubuh untuk mencerna makanan.

Kebiasaan ini bisa membuat Anda merasa lapar lebih cepat dan berpotensi menyebabkan mulas atau mulas. Kondisi ini disebabkan oleh terhambatnya proses sekresi enzim, yang meningkatkan kadar asam dalam tubuh Anda. Jadi Anda harus memberi diri Anda istirahat sekitar 30 menit setelah makan. Pemberian waktu istirahat ini memungkinkan tubuh menyerap nutrisi penting secara optimal.

Di sisi lain, air minum tidak menyebabkan efek ini. Namun, sebaiknya jangan minum air putih setelah makan terlalu banyak, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan perut kembung atau muntah.

Minum setelah makan pedas

Seringkali sulit untuk menolak minum setelah makan pedas. Tapi tahukah Anda bahwa minum air putih ternyata bisa membuat lidah Anda lebih panas? Kondisi ini disebabkan oleh senyawa capsaicin dalam cabai yang mengikat reseptor di mulut yang disebut reseptor rasa sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *