Penyebab Munculnya dan Cara Atasi Benjolan di Telinga


Pernahkah Anda merasakan daun telinga dan merasakan ada benjolan? Sepintas rasanya seperti jerawat, benjolan di daun telinga adalah kista atau kista daun telinga. Warna benjolan ini dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi biasanya berwarna kemerahan. Beberapa jenis kista di daun telinga tidak memerlukan pengobatan. Tetapi jika itu menyebabkan rasa sakit dan tidak hilang, temui dokter.

Penyebab munculnya benjolan di daun telinga

Benjolan di daun telinga kecil, tetapi harus dipertimbangkan dengan cermat apakah ada perubahan ukuran dari waktu ke waktu. Kebanyakan nodul di daun telinga adalah kista yang tidak bersifat kanker dan tidak menimbulkan masalah. Isi gumpalan ini adalah cairan, udara atau zat lain.

Hanya saja, terkadang seseorang mungkin merasa tidak nyaman melakukan aktivitas. Misalnya, saat memakai headphone dan bergesekan dengan gundukan. Selain di daun telinga, benjolan serupa juga bisa muncul di bagian dalam telinga, di belakang telinga, dan juga di kulit kepala.

Bagaimana cara mengobati benjolan di daun telinga?

Jika itu mengganggu Anda, seseorang dengan benjolan di daun telinga mungkin meminta dokter untuk mengangkatnya. Ini tergantung pada seberapa parah kondisinya. Apalagi jika benjolan di daun telinga menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan, dikhawatirkan akan terjadi infeksi.

Dokter mengangkat benjolan di daun telinga melalui prosedur pembedahan dengan anestesi lokal. Sayatan kemudian dibuat, di mana kista diangkat dan dijahit kembali.
Pilihan lainnya adalah membuat sayatan kecil pada kista dan membuang substansi di dalam benjolan. Prosedur ini lebih cepat dan lebih mudah, tetapi benjolan lebih mungkin muncul kembali.

Apakah benjolan daun telinga bisa hilang dengan sendirinya?

Bahkan jika Anda ingin melakukan ini, jangan merusaknya sendiri atau mencoba menghilangkan debu dari daun telinga. Hal ini dapat menyebabkan cedera permanen akibat infeksi. Namun, tidak apa-apa untuk mengoleskan kompres hangat pada benjolan untuk meredakan ketidaknyamanan.

Selama tidak menimbulkan gejala seperti nyeri atau infeksi, Anda tidak perlu khawatir dengan adanya benjolan di daun telinga. Sebagian besar benjolan ini akan hilang dengan sendirinya.

Faktor risiko munculnya benjolan di daun telinga

Sementara sebagian besar daun telinga tidak menyebabkan masalah, beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkannya. Benjolan di daun telinga hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Namun dalam beberapa kasus, benjolan ini bisa membesar dan menimbulkan rasa sakit. Jika ini terjadi, segera cari pertolongan medis.

Tak hanya itu, jangan anggap enteng jika benjolan di telinga menyebabkan gangguan pendengaran. Saat benjolan di daun telinga berubah warna, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *