Selain Bermanfaat, Krim Tartar Juga Memiliki Resiko!


Krim tartar adalah bahan populer yang digunakan dalam banyak resep. Juga dikenal sebagai potassium bitartrate, krim ini adalah bentuk bubuk asam tartarat yang ditemukan di banyak tanaman atau dibuat selama proses anggur merah. Meski sering dijadikan bahan dalam pembuatan kue, tidak banyak orang yang tahu bahwa krim ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat dari krim tartar?

Manfaat Kesehatan Tartar

Krim tartar mengandung berbagai nutrisi penting. Maka tak heran jika berbagai manfaat krim tartar di bawah ini sangat baik untuk kesehatan.

Membantu Anda untuk berhenti merokok

Mengkonsumsi tartar bersama dengan jus jeruk akan membantu Anda berhenti merokok. Campuran ini dipercaya membuat rokok terasa tidak enak di mulut.

Meredakan Gejala Infeksi Pada Saluran Kemih

Krim tartar dapat mengubah tingkat pH dalam urin, sehingga dipercaya dapat meredakan gejala infeksi saluran kemih. Perubahan tingkat pH dalam urin mencegah bakteri tumbuh.

Meringankan Gejala Jerawat

Krim tartar mengandung senyawa antibakteri dan anti toksin. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi krim tartar dalam jumlah sedikit dapat membantu Anda meredakan gejala jerawat yang mengganggu.

Meredakan Gejala Mulas

Seperti halnya baking soda, mengonsumsi tartar dalam porsi kecil dipercaya dapat meredakan gejala sakit maag. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat dari krim ini.

Meredakan Arthritis

Arthritis atau radang sendi adalah peradangan kronis yang terjadi di persendian yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Anda bisa mengoleskannya langsung ke persendian yang sakit atau merendamnya pada campuran air, garam Epsom dan krim tartar

Risiko krim tartar yang harus diwaspadai

Ada beberapa risiko mengonsumsi krim tartar yang harus diwaspadai, seperti:

Hiperkalemia

Penyakit ini merupakan kondisi medis yang dapat terjadi ketika tubuh memiliki terlalu banyak kalium. Ini mungkin karena tartar dengan kandungan potasium yang tinggi.

Ditambah lagi jika Anda memiliki masalah ginjal, yang dapat membuat ginjal Anda sulit untuk menyaring kelebihan kalium.

Dehidrasi

Krim tartar bersifat diuretik, jadi jika dikonsumsi terlalu banyak, tubuh bisa mengeluarkan banyak cairan. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.