Selain Buat Makanan Jadi Enak, Keju Juga Bermanfaat!


Popularitas keju di Indonesia sedang berada pada puncaknya. Kita dapat dengan mudah menemukan produk susu ini dalam makanan atau minuman populer akhir-akhir ini. Manfaat keju untuk kesehatan juga sangat beragam. Banyak orang yang menyukai keju karena rasanya yang unik, namun ada juga yang tidak menyukai keju karena membuat mual atau tidak sesuai dengan selera.

Beberapa orang bahkan menghindari keju karena dianggap bisa membuat Anda gemuk.
Berbagai nutrisi ini dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Lantas, apa saja manfaat keju untuk kesehatan?

Manfaat keju untuk kesehatan

Saat ini, keju sangat populer dan ditemukan dalam berbagai makanan dan minuman. Sebagai salah satu sumber protein dan kalsium terbaik, keju memiliki beberapa manfaat kesehatan. Beberapa manfaat makan keju, antara lain:

Meningkatkan fungsi pembuluh darah

Para ahli telah menemukan jika sifat antioksidan pada keju dapat melindungi tubuh dari efek negatifnya. Satu studi juga menemukan bahwa pembuluh darah orang yang makan keju susu bermanfaat dibandingkan pretzel.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium, protein, magnesium, seng, vitamin A, D dan K yang ditemukan dalam keju dapat meningkatkan perkembangan tulang yang sehat pada anak-anak dan dewasa muda. Selain itu, makan keju juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalsium dalam keju dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, pilihlah keju yang rendah lemak dan sedikit sodium, seperti keju cottage atau Parmesan. Karena keju tinggi sodium, dikhawatirkan meningkatkan tekanan darah.

Membantu Kesehatan Otak dan Sistem Kardiovaskular

Beberapa keju, terutama susu sapi, mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 dipercaya bermanfaat untuk kesehatan otak dan baik untuk sistem kardiovaskular.

Membentuk Sel Tubuh yang Sehat

Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh. Protein dalam keju juga dapat membantu membentuk sel-sel tubuh yang sehat. Namun, jumlah protein yang disarankan untuk setiap orang tergantung pada usia, berat badan, dan tingkat aktivitas.

Bantu Diet

Susu merupakan sumber kalsium dan kalium yang bermanfaat sebagai mineral yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah. Selain itu, susu yang merupakan bahan dasar keju juga merupakan sumber protein yang dapat menjaga perut tetap kenyang untuk sementara waktu untuk menghindari kemungkinan makan berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.