Penyebab Komputer Jadi Lambat Karena Banyak Hal

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Banyak aplikasi yang berjalan saat startup bisa menjadi penyebab umum komputer lambat. RAM akan bekerja sangat keras untuk diarahkan semua ruang yang dimilikinya. Dengan kondisi RAM yang belerja terlalu keras, maka kapasitas komputer yang tidak memadai tidak dapat menahan semua bebannya.

Apalagi dengan aplikasi yang dijalankan saat startup, hal ini tentunya akan sangat membebani RAM. Ingatlah penyebab umum komputer lambat ini.

Penyebab komputer lemot karena file-file sementara

Penyebab umum komputer lambat bisa jadi terlalu banyak file sementara. File sementara bahkan sangat bisa berguna untuk mempercepat akses data ke situs yang pernah Anda kunjungi.

Meskipun harus tetap digunakan sebagai file halaman. Tujuannya adalah untuk membantu RAM menjalankan berbagai program.  Penyebab umum komputer lambat ini sering diremehkan.

Penyebab komputer lemot karena harddisk

Penyebab umum komputer lambat adalah masalah hard drive. Jika hard drive sudah tua, itu harus diganti. Hard drive memiliki batas usia. Hard drive lama mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan.

Saat melakukan proses membaca dan mencari data, sistem komputer mencari data yang tersimpan di harddisk menggunakan sistem indeks. Jika Anda tidak pernah melakukan defragment, data yang disimpan akan berserakan saat dibuka, itu akan memakan waktu lebih lama.

Penyebab komputer lemot karena startup

Terlalu banyak program startup di komputer Anda dapat menjadi penyebab umum komputer lambat.  Beberapa aplikasi berjalan secara otomatis di latar belakang saat Anda menghidupkan komputer.

Saat komputer dihidupkan, biasanya sangat lambat dan terkadang membutuhkan waktu hingga 2-3 menit. Ditambah dengan masalah waktu loading yang begitu lama saat membuka aplikasi sesaat setelah startup, ini adalah tanda umum dari komputer yang lambat.

Penyebab komputer lemot adalah akses internet saat membuka browser, pengguna sering membuka banyak tab di browser untuk mengakses beberapa situs sekaligus. Padahal kebiasaan seperti ini bisa menjadi penyebab umum komputer lambat.  Hal ini dapat menambah beban pada RAM komputer.  Misalnya, jika pengguna membuka 10 tab sekaligus, RAM komputer secara alami meningkat sepuluh kali lipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *